Di Doa ibuku namaku disebut - Nebula Toraja

Di Doa ibuku namaku disebut

Di Doa ibuku namaku disebut

Sore yang lengang di hari lebaran haji, dari rumah kost adek-adek sekolah di belakang basecamp, mengalun lembut suara Nikita cilik lewat saluran radio FM satu-satunya di Waitabula, Sumba. Vox Mundi FM, saluran radio yang dimiliki oleh Keuskupan Waitabula. Lagu lama. Saya cuma bisa mengingat bait, "Di doa ibuku, namaku disebut". Saya tak hapal lanjutannya. 

Entah mengapa ada yang terasa berair dalam kedua mata saya. Seketika teringat seorang perempuan nun jauh di kampung Toraja sana. Adakah dia baik-baik saja sore ini? Rindu, di senja hari lebaran ini, padanya, terasa begitu menikam. Bagi saya, seorang ibu adalah wakil Tuhan di bumi, seandainya boleh menyembah sesuatu selain DIA, maka dia itu adalah ibumu. 

Bagi setiap anak, ibu mereka adalah yang sempurna. Seorang anak tak akan pernah bisa merasa telah membalas jasa seorang ibu. Seluruh alam semesta dan isinya bahkan tak sepadan bagi seorang perempuan yang pernah mengandung kita dalam rahimnya lalu menghidupi kita dengan air susu yang berasal dari dirinya. Kasih sayangnya lebih besar, pun dari matahari yang juga tak hentinya memberi dan menjaga kehidupan. 

Alhamdulillah, saya memanjatkan syukur pada Tuhan masih diingatkan pada ibunda saya terkasih sore ini. Betapa bebalnya saya, hanya mengingat dia sesekali, padahal, dia tak hentinya melantunkan doa untuk anaknya setiap waktu. Saya harus bersyukur masih mempunyai orang yang saya panggil ibu walau hanya lewat lamat suara telpon. Jauh lebih beruntung dari mereka yang telah piatu, dan hanya bisa menjumpai orang terkasihnya itu lewat doa. 

Terima kasih Tuhan, aku percaya ada Dikau yang akan selalu menyertainya. Engkaulah sebaik-baiknya penjaga. Jaga dia dengan kasih, sebagaimana ia selalu menjagaku dengan cara yang sama. Terima kasih ibu atas doa yang tak pernah putus. Engkau lah perempuan itu. Perempuan berselendang bianglala. Menggambar langit biru dengan telunjuk. Titip pelukan dan cinta dari anakmu yang berada jauh di tanah sunyi.
by:
https://www.facebook.com/note.php?note_id=10150356802249141
Please write your comments